lough erin shore

lough erin shore
berceloteh dan berceloteh serta berceloteh.

Saturday, January 16, 2010

why are you wear that ?

   Agustus 2009 lalu saya dapet kesempatan untuk bertemu dengan seorang profesor asal Korea Selatan bermata minimalis (baca: sipit)dalam rangka sebuah acara pendidikan. Kami seminar, talkshow, menghadiri cultural night dan juga jalan-jalan doong pastinya. ;p Nah ceritanya hari itu almost end day dan kami dapat    free day walk; kami jalan2 dengan guide dan diberi keleluasaan untuk bebas berapresiasi memilih cinderamata (baca: belanja). hmm, saya sih no money..gimana ateuh.? dengan tekad kuat membeli seperlunya aja saya melaju terus memasang
kacamatakuda ngga liat kanan-kiri (takut ngiler.RED) dan menggapai tiang pancang harapan(translate: lebay mode words for resto,warung dan sejenisnya pelepas dahaga dan lapar)karena emang ngga kerasa boy udah LUNCH aja! kami menyusuri sepanjang pertokoan mencari makanan yang cocok dan berkategori HALAL 100%. susahnya minta ampun ternyata. ngider-ngider  dan terus aja keluar-masuk resto dilengkapi perasaan waswas dan underestimate setiap resto. =(( nah, sebenernya temen2 lain yang beda agama sih toleransi dan hayu-hayu aja ngikut terus nyari (dengan alasan mencari yang terbaik dan termurah.RED) tapi, ngga enak banget nih sama sang profesor ini. AIH, ternyata dia dengan baiknya toleransi karena pengen bareng terus dalam grup.
Saya akhirnya pesen mie laksa yang ciamik bangetlah rasanya berkategori uhuyy* sepanjang melahap si mie ada perasaan ngga enak yang ngikut serta yang kalo diibaratin kaya ada debu di idung yang bikin gatel harus dikorek. bener kaan ternyata si prof ngeliatin saya (NB: bukan kagum tapi ekspresi muka aneh)
hadeuh, apapula dia begitu.?? 
setelah si mie ditelan mutlak dan habis(bersama mangkoknya)saya dapet kesempatan ngobrol really close and intense sama si prof. dia akhirnya memulai dengan nanya: "what are you wearing over your head.? and why it must be wear?" (dengan ekspresi bingung dan tatapan aneh, bayangkan..gugup rasanya dipandang kaya gitu kaan.?) dia bertanya sambil memperagakan menunjuk jilbab di kepala saya. ohh i see, pantesaan dari tadi ngeliatin, dia aneh ternyata kenapa aku dengan anehnya menutup kepala pake kain padahal outside are really hot, yeap sure.

haha, beneran saya kaget. udah mikir2 yang ngga enak tadinya dan sekarang harus mulai mingkem siapin jawaban logical dan ngga bertendensi negatif ataupun SARA. 

sebelum saya menjawab dia udah nanya lagi: "if you doing sport you always stay to wear that? wah i can't even imagine." saya senyum terkesiap tapi siap menjawab.

Akhirnya saya mulai menceritakan kisah perintah jilbab jamannya Nabi Muhammad (untung dia tahu beliau), kemudian saya jelaskan bahwa ini pilihan saya yang akan saya pegang seumur hidup, saya pun bilang ibu saya pun pakai karena dia tanya begitu, and the bla-bla-blas.(masih banyak.RED)intinya dia bertanya seperti anak kecil yang sedang mengintrogasi ibunya kenapa kok bisa ada dede bayi dari perut ibu. Bedanya dia prof yang bertanya secara logical dan cenderung intervensi. Akhirnya dia nanya sesuatu atau bisa dibilang konsultasi tentang masalah jilbab ini karena di Korea Selatan sana masih jarang sekali ditemukan dan dia bingung kalo dia merawat pasiennya kelak yang pake jilbab mesti gimana. dia berkonsultasi sesuatu pada akhirnya..
 "if i am on minor surgery, could i touch her or open the veil? and if it must be categorizing as major surgery, how is the veil? is it allow to be open?" waww, really shocking.!!  
dengan menyebut bismillah akhirnya saya jawab dengan semestinya dan semampu saya. 


    Pertanyaan mendasar kaya gini justru ngga boleh asal dijawab, apalagi menyangkut agama. Hmm, bisa-bisa dia bawa persepktif salah sepulangnya ke Korea Selatan nanti.

hmm. what's a day!

nb: the man on pinky polo shirt is the prof. 

8 comments:

  1. harusnya bilang : "Sir, beauty outside, peaceful inside."
    hihiy!

    ReplyDelete
  2. kenapa cuma kamu yang ditanya da??kan difoto yg dijilbab berdua ya??hehehe..

    tp kamu hebat bisa bikin si prof penasaran..
    itu tandanya kita harus membekali diri kita dengan banyak ilmu seputar islam,so..klo ada yg nanya2 soal islam dr yg agamanya non islam kita bs jawab..ga cengo..hehehe...

    ReplyDelete
  3. wah, ternyata alda udah banyak euy, tulisannya
    paling suka yang bagian profesor ini
    suka seneng ngeliat gimana peluang dakwah kita bisa dateng dari mana aja

    sapa tau, profesor itu dapet hidayah lewat alda
    wah, kalo emang kejadian aye cuma bisa bilang
    beruntung banget alda!

    pahalanya, bo, ngalir terus!
    hehe

    keep on writing, da!
    like it ^^

    ReplyDelete
  4. Mr. Dufresne: haha, you-c 100 bgt.

    tehdikaaa: kebetulan temenku satu lagi ga semeja, aku duduk deket si prof. iya teh hmm kesempatan yg aneh sebenernya, aku jadi bisa belajar bercerita. =D

    ochidina amanda: AMIN chi. dia breakthru atuh yaa diantara warga2 sana kalo beneran trnyata masuk Islam. =D

    ReplyDelete
  5. hmmm, bukan you-c 1000, itu terinspirasi tagline-nya MacPro (apple.com)

    Beauty Outside. Beast Inside.

    atau tagline ini ya yang pas? huehehe.. =p

    ReplyDelete
  6. mamaaahh alda waahh tulisannya keren...
    tan suka bagian yg ini...
    ngingetin ma crita dosen yg kuliah diluar negri n sempat bermasalah ma kerudung...
    tp akhirnya beliau sangat dihargai dengan jilbabnya...
    ^^
    jd deg2an kalo mau ke luar negri...
    hahaha
    (kapan jg gt ya... heuu)

    ReplyDelete
  7. *intan:
    makasih tan, iya kesempatan untuk mengenalkan atau berbagi itu bisa dateng lewat timing apapun. =D
    AMIN. ! rejeki buat kita manusia yang maha tidak tahu udah ditentuin Allah yang maha tahu. hehe.

    ReplyDelete
  8. keren ald..tulisannya...
    jilbab adalah suatu kewajiban setiap muslimah..
    alda juga udah mempraktekkannya kan..semangat ya ald,.buat blog nya..buat cerita2 nya..ya aku setuju rejeki dteng nya dari siapa aja dan melalui perantara siapa aja..yakin selalu ald...

    ReplyDelete