lough erin shore

lough erin shore
berceloteh dan berceloteh serta berceloteh.

Saturday, January 16, 2010

kisah inspiratif sang dai sabun mandi

    Muhammad Zaaf Fadzlan Rabbani Al-Garamatan yang biasa dipanggil Fadzlan Garamatan menginspiratif sekali. Gimana engga coba di usianya yang setengah abad beliau pantang menyerah menyebarkan agama Islam sampai ke pelosok pedalaman Wamena dan suku Asmat dimana sebagian besar penduduknya masih menganut kepercayaan animisme (pemuja roh). 19 tahun beliau berkeliling. Beliau sering dimaki di seantero Papua. Tetapi Fadzlan Al-Garamatan tetap berusaha meluluhkan hati masyarakat gimanapun caranya supaya pada akhirnya mereka mau memeluk Islam dan meninggalkan kepercayaan animisme. Beliau tahu sekali  bahwa mesti menerapkan trik bersikap lemah lembut dan tanpa kekerasan sedikitpun. So beliau punya cara tersendiri. Tahukah kalian..caranya unik banget gituh.Beliau memperkenalkan masalah tharah (kebersihan) sebagai ihwal penyampaiannya tentang Islam. Beliau datang ke desa-desa dan suku-suku dengan membawa sabun mandi untuk dibagikannya secara gratis dan memberi tahu bagaimana cara menggunakannya karena masyarakat setempat biasa menggunakan lemak babi. oh noooo,ahahaha, geli ih..ngga banget juga!

katanya gini: '" kalo torang pake sabun mandi badan jadi lebih bersih dan wangi dan su pasti badan tidak licin." ahahahahaha ngga bisa nahan ketawa deh.
Then, efeknya warga 1 kampung ramai-ramai memeluk agama Islam, bahkan (dengerin nih yaa) ada kepala suku yang lari keliling kampung dan busa sabun di badannya ngga dibilas ajaa. hahahahahaha..ngek! 


Sekarang ini yang memeluk agama Islam di Fakfak Papua Barat udah sekitar 45%. Selanjutnya beliau akan menjalankan misi lainnya yaitu 1 keluarga 1 al-quran. Tapi karena terbatasnya dana yaah belum terrealisasi.


 ;. menginspiratif bukan?? 
iIntinya kita harus sabar dan semangat dalam mencapai tujuan gimanapun cara dan jalannya. Kalo tujuannya  adalah baik, 
Insya Allah akan dimudahkan jalannya.


sore hari seru.

7 comments:

  1. bner bnget kesabaran hal terpenting dalam hidup ini...

    ReplyDelete
  2. kalo di marketing communication, itu namanya trial, biar orang tau apa nilai dari produk.

    ReplyDelete
  3. berarti strategi marketingnya sukses nih pa ustad.

    ReplyDelete
  4. yup! kata seorang teman, materi ttg metode dakwah tuh ternyata lebih canggih daripada teori2 marketing.
    they sell a very much more fragile things called faith.

    ReplyDelete
  5. Alda, kisahnya bagus banget! Ini Alda dapat cerita dari pelaku langsung atau gimana?

    ReplyDelete
  6. *muti: pernah baca di suatu sumber..aku inget2 untuk kemudian mengingatkan sendiri. betapa peluang menyampaikan sesuatu yang baik itu bisa dateng melalui kesempatan apapun juga. =)

    ReplyDelete
  7. waaah, penulis blognya cantik..

    ReplyDelete