lough erin shore

lough erin shore
berceloteh dan berceloteh serta berceloteh.

Wednesday, February 10, 2010

sebuah keindahan khazanah bangsa bertitel SAMAN.

  
  
     Genap 2 tahun kami tari-kan, salah satu wujud keindahan milik bangsa bertitel SAMAN. Berbekal kesamaan hobi menari, kami tujuh belas insan wujudkan sebuah harmonisasi paduan gerakan dan irama. Haila Hotsa! Saman bergema. Gaung iramanya menghentak alam ibarat setuju dan seirama tepukkan bersama sang biduan.
Dengan royal kami saling membagi energi positif yang disampaikan dengan riuh-rendah, juga lantang, bahkan terkadang meletup-letup. Sahut-sahutan dengan tempo continuously ~lambat,moderate,cepat,sampai cepat sekali~ alihkan tembang yang syekh suarakan. Suaranya terdengar sampai negeri seberang. Saman adalah salah satu kekayaan bangsa yang harus terus dikenalkan dan dikuatkan untuk dapat menjadi sebuah identitas dengan satu tujuan: agar tidak dicuri, LAGI.
      Dalam Saman kami belajar bekerja sama serta tidak individualis. Kami harus serta-merta menjaga flow agar pergerakan tetap harmonis karena keindahan tercipta jika mewujudkannya seirama; layaknya peribahasa nila setitik rusak susu sebelanga. Saman selalu ditarikan dengan semangat melimpah ruah dan cita rasa tinggi sesuai perletakannya sebagai derajat premium khazanah budaya bangsa nomor satu dari Nangroe Aceh Darussalam. Saman adalah satu dari sekian tarian kooperatif berbeda porsi dan jenis dengan Jaipongan asal Jawa Barat yang ditarikan secara individual. Bangga rasanya bisa ikut membantu melestarikan kekayaan milik bangsa sendiri. Maka teruslah menari, menyanyi, menghayati dan melestarikan budaya bangsa apapun itu dimulai dari tanah berpijak milik sendiri, kepada diri sendiri, dan kepada anak-cucu-cicit kita kelak. Caranya beragam bisa dengan cara membeli produk bangsa sendiri, travelling around Indonesia, berbatik, mengunjungi candi atau keraton, wisata kuliner, menari, menonton wayang, apapun pilihannya you named it! Dan sebarkan pada dunia tentang indahnya sebuah kebanggan akan bangsa sendiri.
100% CINTA INDONESIA
;// Terimeung gaséh ateuh perhatian droeneuh. Lebèh kureung kamoe lakèè meuah.

5 comments:

  1. a dance is a song of the body. a poetry of the soul. either of joy or pain.

    ReplyDelete
  2. aldaa... maaf baru bisa kasih komen sekarang2, kmrn2 cuma baca2 aja pas alda kasih link blognya.

    setuju da, seni n budaya negara kita begitu berharga dan harus dijaga. miskinnya negara ini bukan hanya karena ber-trilyun2-an dana diselewengkan, tapi juga krn bangsa, terutama para pemudanya, meninggalkan nilai-nilai seni dan budaya yg jadi karakter bangsa B-) (hoho, jadi kaya ngejawab soal ppkn XD )

    ReplyDelete
  3. *mail: waw, i adore your quotes.
    *dony: kalo mau digali banyak banget don yg tentunya bikin kita AKAN sangat bangga terhadap IndONEsia, kaya aku nih yg beberapa taun kebelakang baru terserang cinta indonesia (gapapa telat juga) pengen ke kalimantan, eksplore nusa tenggara, diving di lombok, dll. baju adatnya juga bagus2, tariannya kaya ragam, rumah adatnya unik2.
    betapa bersyukur kita seharusnya, punya bangsa yg beragam karakter dan jenis. virus cinta indonesia harus disebarluaskan ke anak cucu-cicit kita kelak. =D

    ReplyDelete
  4. Ya donk indonesia itu luas loh ald,bnyak berbagai macam kebudayaan yg bahkan kita sendiri blum pernah tau.keanekaragaman flora fauna yg sangat indah.dari pada ke luar mending kita menjeljah indonesia keindahannya tidak kalah dari alam di luar sana

    ReplyDelete
  5. Alda..lain kali pngen liat alda nari salman..hehe..oh y ald..cinta indonesia itu harus donk..indonesia ini luas loh..bnyak suku yg bahkan kita sendiri blum pernah mendengarnya..banyak panorama keindahan alam yg blum ter ekspos keluar..padahal indahnya luar biasa bahkan melebihi hawaii ama bali..ayo pelan2 mengenal indonesia..kita bakal bangga menjadi rakyat indonesia..di kalimantan ini aja bnyak yg blum diketahui..pokonya enak deh..dari pada jalan2 keluar negri mending keliling di indoesia..pasti ga bakal rugi deh..oke ald..klo ada kesempatan asik kayaknya nih muter2 indonesia bareng..hehe.. :)

    ReplyDelete